Rabu, 19 November 2014

Gunung Sibayak (Sibayak volcano)

Salah satu yang paling menarik dari Berastagi adalah lokasinya yang tepat berada di bawah kaki Gunung Sibayak yang banyak di kunjungi para wisatawan baik domestik maupun manca negara. Gunung yang termasuk kategori gunung berapi ini memiliki ketinggian 2.212 m (7.257 kaki) dan tercatat terakhir kali meletus pada tahun 1881. Ada 2 jalur yang sering di gunakan pendaki ketika mendaki gunung sibayak, yaitu dari jalur Sibayak 1 ( dari desa Raja Berneh yang sering disebut desa Semangat Gunung) dan dari jalur Sibayak 2 (dari desa Jaranguda). Tapi karena jarak desa Jaranguda yang lebih dekat ke kota pariwisata Berastagi maka jalur Sibayak 2 lebih sering digunakan para pendaki, selain itu trek yang di lalui juga lebih mudah dibanding ketika kita menempuhnya dari desa Raja berneh.

Selain dari kedua jalur tersebut, jika ingin mendapatkan tantangan lebih ada 1 jalur lagi yang bisa kita lalui yaitu jalur 54 (dari penatapen). Disebut jalur 54 karena lokasinya yang tepat berada 54 km dari kota Medan. Tapi sebaiknya (disarankan) anda ditemani oleh orang-orang yang sudah mengenal jalur ini karena treknya yang sulit dilalui.

Tapi kalau anda ingin menikmati hot spring atau air panas setelah melakukan pendakian, sebaiknya anda menggunakan jalur Sibayak 1 (dari desa Raja berneh) ketika turun. Anda akan disuguhi begitu banyak kolam air panas dan anda bisa memilih tempat yang anda rasa nyaman.

mau comment di blog maniekta? boleh kenapa tidak, tapi kalau boleh yang membangun dan memberi informasi yang berguna ya,..thanks